Happiness In Yogyakarta

Selasa, Oktober 13, 2015

Yogyakarta (lagi) ini ketiga kalinya dalam tahun ini mengunjungi kota yang ternyata suasananya bikin rindu. Kali ini, bersama sahabat tersayang. Liburan ini sebenernya udah kita rencanain dari bulan-bulan sebelumnya, tapi baru kesampaian awal oktober ini. Problemnya apalagi kalau bukan waktu dan uang. Hahaha.
             Berhubung udah ada yang kerja mau nggak mau liburannya sebentar. Cuma ngambil weekend. Dari yang tadinya mau berangkat september, akhirnya disepakatin oktober tanggal 2. Biar semua personil bisa ikut dan kita nabung dari bulan-bulan sebelumnya. Sebelum berangkat hampir-hampir bakal ngerasa liburannya gak asik, karna 1 personilnya tiba-tiba ada kerjaan, padahal udah booking tiket dari pertengahan september, dan ada problem-problem lainnya. Tapi Alhamdulillah, semuanya akhirnya bisa ikut ditambah 1 personil yang resmi masuk PBB (jangan tanya apa kepanjangan nya :P )
                 Masuk bulan oktober, mulai riweuh, saling ngingetin apa aja yang mesti dibawa, bawa berapa baju, dan hampir-hampir kita mau bawa setrikaan (mau pindahan kali ah) padahal liburannya bentar tapi persiapannya maksimal saking excitednya.  Sebelumnya kita juga udah nyewa homestay dan mobil buat transportasi selama disana, biar gampang kemana-mana. Bisa dibilang liburan ini backpacker-an, kita naik kereta ekonomi ke Yogyakarta, dan lucky us kita dapat homestay yang 1 orangnya cuma bayar Rp. 10.000,- , untuk transportasi kebetulan 3 personil kita ulang tahun dan uang traktiran nya kita pake buat sewa mobil selama di Yogyakarta 36 jam. Penginapan nya namanya “Deep Purple Homestay” dan aku lihat penginapan ini dari yogyes.com. Penginapan ini memang khusus untuk backpacker-an, harga 1 kamarnya ada yang Rp. 50.000,- dan Rp. 75.000,- untuk 2 orang dan udah ada ac nya. Kebetulan waktu aku booking untuk kamar sudah penuh terisi hanya tinggal 1 ruangan besar yang cukup untuk 10 orang harganya cuma Rp. 100.000,-.  Kita 9 orang dan aku pikir kayaknya cocok aja, selain harganya murah (karna niat kita backpacker-an) lebih enak tidurnya barengan (karena di PBB banyak yang penakut), akhirnya kita fix ambil ruangan itu.

2 Oktober

Malam ini kereta kita jam 21.00 WIB dan kita naik dari stasiun Cibatu. Sepanjang perjalanan ke stasiun ricuh luar biasa karna akhirnya bisa juga liburan dengan paket lengkap, biasanya kalo liburan pasti ada 1 atau 2 personil yang nggak ikutan.
         Di dalam kereta, tambah ricuh. Begitulah kalo semuanya udah kumpul nggak ada yang bisa diem. Makin malem bukannya abis batre malah makin jadi, kita duduk sebelahan kiri kanan, dan nekat main kartu UNO yang disimpen di tengah jalan haha, setiap yang kalah dihukum harus pake kacamata gaya dan nggak boleh senyum, sampai-sampai waktu pemeriksaan tiket kondekturnya bilang “Ooh ini yah yang dari Cibatu berisik terus” diiih sampai ada yang laporin kita ternyata. bukannya udahan malah makin menjadi berisiknya. Tapi berisiknya kita masih dalam batas wajar kok.

3 Oktober

pardon our face haha asli belum mandi

Jam 2 pagi, akhirnya kita “low battery” sebagian emang udah pada tidur, dan akhirnya kita tidur semua. Sekitar jam 04.30 kita sampai di stasiun lempuyangan Yogyakarta lengkap dengan muka bantal nya =). Langsung shalat subuh dan nunggu mobil datang. 1 jam kemudian mobil datang dan kita langsung meluncur kerumah ibu ku (tantenya ayah) buat numpang  mandi karena kita baru bisa check in jam 14.00. Sampainya dirumah ibu satu persatu mandi (kebayang kan kita 9 orang, haha) dan sekitar jam 10.00 an kita semua pamit buat cari sarapan.

bonus fotonya azka yaa :P

Makanan yang aku dan Novik rekomendasiin adalah nasi ayam geprek dan berangkatlah kita kesana. Langsung diisi sama makanan pedas mana cuaca Yogyakarta lagi panasnya minta ampun. Panas banget sampe bikin badmood :”). Setelah makan kita memutuskan untuk cari penginapan kita, karna kita sama sekali nggak tau dimana persisnya, dengan bantuan GPS sampai juga kita di “Deep Purple Homestay” sekitar jam 12.00 an, kita memutuskan untuk mencharge energi dulu karna kurang tidur, apalagi buat Dani yang bakal jadi “supir” kita, hehe. Sampai disana ibu yang punya penginapan nya masih nyiapin kasur buat kita, yaa maklum aja harusnya check in jam 14.00, tapi jam 12.00 udah di lokasi, setengah jam kemudian kita masuk ke penginapan dan setelah shalat kita semua istirahat.
             Rumahnya memang rumah jaman dulu, tapi halamannya luas banget. Suasananya juga enak. Di sebelah rumah ada warung dan rame juga yang nginep disana. Kamar mandinya bersih. 1 orang dapet 1 kasur dan di ruangan itu ada TV dan kipas angin. Murah kan cuma Rp.100.000,- untuk 10 orang? Haha. Lokasi nya juga deket ke kemana-mana (di kotanya). Cuma memang agak jauh dari jalan raya, tapi gampang kok nemuinnya dengan bantuan GPS.
Deep Purple Homestay
       Niat tidur cuma sampe jam 2 karna semuanya cape bangunnya pada jam 3 itu juga karna adzan ashar, setelah pada shalat langsung kuliner es krim, aku pernah baca salah satu tempat es krim yang enak dan terkenal di Yogyakarta itu Tempo Gelato dan berangkatlah kita kesana, bener aja sampe disana tempatnya penuh sama muda-mudi dan menurut aku es krimnya enak dan banyak pilihan rasanya. Dari situ lanjut ke Malioboro dan kita menghabiskan banyak waktu disini, belanja oleh-oleh dan jajan, sampai jam 20.00 an kita niatnya mau makan ke nasi langgi, itu juga enaaaaak tapi sayangnya hari itu nggak jualan dan akhirnya kita makan di warung SS.
lebih jelasnya liat di yogyes.com yaa

ruangan kita, ini besar kok ngambil fotonya aja gak bener :")

Malem itu hampir ngerusak mood liburan karna ada something dan migrain dan maag kambuh, sebel jadinya nggak bisa makan sambel karna takut maag nya makin jadi, padahal semua sambel yang dipesen menggiurkan dan makanan yang harusnya kerasa enak tapi jadi nggak kerasa apa-apa. Beres makan langsung minum obat biar gak keterusan karna masih akan melanjutkan ke alkid. Yap, di alkid apalagi kalo gak nyobain masangin (memasuki antara 2 pohon beringin), nggak ada niat apa-apa cuma penasaran karna aneh banget liat orang-orang bisa langsung belok dan gak masuk diantara 2 beringin itu padahal jaraknya besar banget. Aku pun pernah mencobanya waktu SMA study tour ke Yogyakarta dan gagal. Malem itu kita semua nyobain yang berhasil cuma aku dan Dani, YES!! yang lainnya belok dan dibuka matanya ada yang didepan orang pacaran lah, ada yang didepan orang jualan, ada yang didepan burung hantu, dan orang lagi selfie, haha. Selanjutnya kita naik odong-odong dan sekitar jam 01.00 kita kembali ke penginapan.

Malioboro

Tempo Gelato

Alun-Alun Kidul Yogyakarta

04 Oktober

Last day. Hari ini tujuan kita adalah pantai. Pantainya nggak jauh memang, sengaja, karna kita masih mau cari oleh-oleh dan ke tempat yang bisa dikunjungin karna kereta kita jam 19.00. Sesuai tema yang udah direncanain, hari ini kita semua pake baju putih, dan berangkat lah kita ke Pantai Depok. Nyampe disana kita langsung ke pasarnya dan beli beberapa macam seafood. Terus tinggal minta orang masakin. Sambil nunggu kita main di pantai, foto-foto yang pasti. Dan nggak lama makanan kita dateng. Lupa sih berapa, kalau nggak salah belanja seafood (udang,cumi,dan kerang) sama masaknya ada yang di asam manis, saus padang, dengan minum kelapa dawegan dan teh manis cuma sekitar Rp.350.000,- an untuk 9 orang. It’s cheap, right?

Perut kenyang hati senang kantong aman judulnya haha lalu kita lanjut beli bakpia ke Kurnia Sari, terus ke Kalimilk, dan ketempat bakpia lainnya, terakhir kita ke Tugu Yogyakarta dan foto disana.  Dan selanjutnya menuju stasiun. Huft.

Kalimilk

Liburan nya memang sebentar dan nggak banyak tempat yang kita kunjungin, tapi puas banget. Puasnya karna kita menikmati liburan ini, ada aja lawakan yang keluar dari teh Intan, Dani dan Novik dan yang lainnya yang bikin kita ketawa terus, mood kita yang pada bagus (Alhamdulillah gak ada yang bikin galau), harga-harga makanan yang murah, suasananya yang nyaman, orang-orangnya ramah semuanya bikin aku pribadi ingin lagi dan akan kesini lagi. Aku masih penasaran dengan beberapa tempat indah dan sejarah tentang Yogyakarta itu sendiri.

senja di Tugu Yogyakarta

InsyaAllah, pasti kesini lagi. Dengan sahabat atau dengan pasangan kelak, hihi aamiin.

*Yogyakarta, terimakasih untuk banyak cerita :)