Belitung, I'm in love

Jumat, Februari 05, 2016

New update.
Sekitar setahun yang lalu aku berlibur ke Belitung dengan mamah, adek, dan sahabatku Novik Asharu. Panjang ceritanya kenapa jadi anak ini yang ikut dan bukan ayah, haha. Pulau Belitung ini menjadi tempat shooting film yang dirilis tahun 2008 dan ditonton jutaan banyak orang, ya, Laskar Pelangi, makanya excited banget waktu tau mau liburan kesana.

24 April 2015
Jam 09.00 WIB kami tiba di Bandara H.A.S Hanandjoeddin, Tanjung Pandan disambut dengan gerimis hujan kami dijemput travel menuju hotel. Kami menginap di hotel Grand Pelangi. Sesampainya di hotel kami memutuskan untuk istirahat dulu dan memulai perjalanan sehabis dzuhur.

Hotel Grand Pelangi

Tempat pertama yang kita kunjungi adalah Ruma Makan Timpo Duluk. Rumah makan ini harus banget kalian kunjungin kalau ke Belitung. Tempatnya unik, karena semua peralatan makan sampai hiasan dindingnya barang-barang jaman dulu, sesuai dengan nama tempatnya. Banyak menu yang ditawarkan, tapi salah satu yang menjadi khas Belitung adalah gangan. Gangan itu sup ikan berkuah yang rasanya asam gurih, asamnya dari nanas. Buat yang nggak suka ikan, ada juga gangan udang dan cumi.

Lanjuttttt, pantai. Pantai pertama yang kita kunjungi adalah pantai tanjung tinggi yang berada di sekitar tanjung pandan, nah pantai ini yang digunakan untuk shooting laskar pelangi. Keistimewaan dari pantai-pantai belitung ini adanya batu granit yang beraneka ragam ukurannya. Pantai tanjung pandan ini dikenal juga dengan nama pantai laskar pelangi.

Tanjung Tinggi

Tanjung Layang

25 April 2015

Jadwal hari itu adalah keliling pulau. Sempet searching di google salah satu pulau Belitung yang terkenal itu adalah Pulau Lengkuas, sebenernya banyak banget pulau di Belitung tapi ada beberapa yang hanya bisa dikunjungi kalau air sedang surut.

nah pulau-pulau itu contohnya, karena laut sedang pasang kita hanya bisa foto pulaunya dari perahu. Oia, untuk sampai ke pulau lengkuas ini kita harus menyebrang menggunakan perahu, lupa sekitar berapa lama karena terlalu menikmati pulau-pulaunya, ya kurang lebih setengah jam. Biayanya sekitar 500.000 untuk kurang lebih 10 orang. Kalau kamu snorkling dikenakan biaya tambahan lagi.

Pulau Lengkuas

Pulau lengkuas ini harus banget kamu kunjungin kalau ke Belitung, di sekitar pulau ini kamu bisa snorkling dan melihat langsung pemandangan bawah laut belitung. Nggak perlu snorkling aja saking airnya bersih bawah lautnya keliatan jelas, aaah i'm so in love with Belitung island. Menariknya di pulau lengkuas ini ada mercusuar tua yang dibangun oleh kolonial Belanda. Mercusuar ini terdiri dari 17 tingkatan ruangan dengan tangga yang tersedia (kebayang dong capeknya naik keatas). Tapi, sesampainya diatas rasa lelah kamu akan terbayar dengan pemandangan luar biasa seperti ini

Selain untuk diving atau snorkling, pulau Lengkuas ini juga dijadikan untuk tempat beristirahat / tempat makan. Tapi, di pulau lengkuas ini nggak ada yang menjajakan makanan lho yaa, jadi biasanya sebelum nyebrang, para wisatawan udah prepare bawa makanan. Seperti kami, kami pesan beberapa aneka seafood dan sayur asem, dan makan langsung dipinggir laut itu rasanya nikmat sekali.

Setelah selesai makan, kami melanjutkan perjalanan ke pulau pasir. Sebenernya ini bukan pulau, tapi gosong. Gosong adalah bentukan daratan yang terkurung atau menjorok pada suatu perairan (Wikipedia). Tapi, orang-orang menyebutnya pulau pasir. Kenapa pulau pasir? karena sebenernya di pulau ini nggak ada apa-apanya hanya gundukan pasir. Pulau pasir ini juga nggak bisa dikunjungi setiap saat, hanya pada ketika air laut surut. Kalau air lautnya pasang, pulaunya ketutup. Di pulau pasir ini kamu bisa bertemu dengan keluarga patrick, hihi ya, bintang laut.

perfectly captured by Novik Asharu

Selanjutnya pulau batu berlayar, pulau ini juga sama dengan pulau pasir, hanya bisa dikunjungi ketika air surut. Sesuai dengan namanya, pulau ini banyak batu granit berukuran besar.

26 April 2015

Hari yang paling ditunggu karena kita mau ke Belitung Timur, Kecamatan Gantong untuk melihat replika SD Muhammadiyah yang dibangun untuk shooting laskar pelangi. Sebelumnya kita ke danau Kaolin. Kaolin ini biasanya digunakan untuk membuat keramik. Bener yah, Indonesia itu kaya banget.

selanjutnya kami menuju museum Andrea Hirata

Itu museum kata Andrea Hirata setahun yang lalu, sekarang bangunan nya lebih keren lagi. Setelah puas jalan-jalan, perjalanan hari itu ditutup dengan makan makanan khas Belitung. Mie Belitung, dan tempat yang paling terkenal disana adalah "Mie Belitung Atep". Mie ini nggak cuma terkenal di Belitung, tapi juga di Jakarta.

Sekilas tampilannya memang biasa, tapi rasanya enak banget menurut aku, yang bikin enaknya itu kuah kaldu udangnya.

27 April 2015
3 hari di Belitung nggak akan cukup buat menjelajahi semua keindahan Belitung dengan kuliner khas lainnya, selain mie belitung, gangan, masih banyak banget kuliner lainnya, salah satunya pempek belitung.
Hari ini nggak sempet ke tempat yang jauh lagi karena flight jam 11.00 WIB. Jadi Pak Fikri hanya mengantarkan kami ke Museum Belitung dan Rumah Adat Belitung. Di museum Belitung pastinya kamu bisa baca sejarah tentang Belitung dan ada juga buaya yang dipakai untuk shooting di laskar pelangi. Bakal banyak banget foto yang aku share kalau diceritakan setiap tempat yang aku kunjungin, tapi tempat-tempat yang aku share diatas itu tempat-tempat favorite yang wajib banget kamu kunjungin kalau ke Belitung.
Suasana di Belitung sendiri adem banget, dalam artian penduduknya hanya sedikit, nggak penuh hiruk pikuk kendaraan, dan pemandangannya masih asri masih banyak rumah-rumah jaman dulu. Cocok banget deh kalau kamu yang lagi mau nenangin diri kesini, haha. Cocok juga buat kamu yang suka pantai, karena Belitung punya banyak banget pantai yang indah, cocok buat liburan bareng sahabat, pacar, atau lebih bagus suami, haha. Untuk cuaca Belitung termasuk panas, 2 hari disana aku dapet cuaca yang mendung jadi sedikit adem, tapi ketika mengunjungi SD Laskar Pelanginya, subhanallah sekali panasnya :')

That's all. Everything in Belitung is amazing. Nulis ini aja jadi pengen kesana lagi, insyaAllah kalau ada rezekinya pasti main kesana lagi, aamiin. See u Belitung..

all photo taken by me and Novik