TUNANGAN SEDERHANA DI RUMAH AJA

Senin, Juni 08, 2020







Selain Tunjangan Hari Raya, momen apa yang kalian harapkan ketika idul fitri tiba? Tunangan Hari Raya ngga sih? hehe mungkin buat sebagian orang khususnya cewek-cewek yang pacaran nya udah lama, tunangan salah satu hal yang dinanti sebagai "tanda" serius hubungan kalian berdua, setidaknya menurut ku sih seperti itu. Menurut kalian gimana?

Tunangan adalah ketika pihak laki-laki menyatakan kesiapan nya untuk serius kepada perempuan dihadapan orang tua nya untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih serius, yaitu pernikahan, biasanya tunangan ini ditandai dengan adanya bertukar cincin antara pihak perempuan dan laki-laki sebagai simbol untuk mengikatkan diri satu sama lain.

Lalu, sebenernya tunangan itu penting atau nggak sih? Menurut sebagian temen-temenku, katanya nggak perlu, karna bakal "makan" biaya. Betul, sebenernya tidak ada yang mengharuskan tunangan itu di lakukan, itu semua tergantung kamu dan pasangan, jika dirasa perlu, maka lakukan, jika tidak perlu, maka tidak perlu di lakukan, kecuali ada dalam adat istiadat yang di anut.

Aku pribadi akhirnya memutuskan untuk tunangan dengan segala pertimbangan yang sudah diobrolkan dengan si calon dan keluarga kami tentunya, sebelum berlanjut apa aja yang mesti disiapkan untuk tunangan, pastikan restu orang tua udah kalian dapatkan ya, karna dengan restu orang tua insyaAllah semua nya akan berjalan lancar.

Nah, postingan blog kali ini, aku mau share apa aja sih yang mesti disiapkan untuk acara tunangan yang sederhana dengan biaya yang affordable

1.  Tempat Lamaran
Sebelum nya kalian pasti udah ada "bayangan" dong siapa aja yang mau diundang, berapa orang yang mau diundang kan, nah tinggal ditentukan aja mau dirumah atau biasanya restaurant yaa. Kalau dirumah, kira-kira cukup nggak menampung tamu yang akan diundang? terus untuk makanan nya siapa yang masak? Kira-kira itu sih pertimbangan nya kalo diadakan di rumah.

Kalau di restaurant, selain bisa menampung banyak orang, kalian juga ngga perlu mikirin yang masak siapa, karna biasanya ditawarin harga sewa restaurant dengan makanan nya, selain itu kalian juga nggak perlu bingung untuk sewa kursi juga hehe.

Aku sendiri memutuskan lamaran dirumah aja, karna pertimbangan tamu yang diundang cukup deh untuk ditampung dirumah dengan tambahan sewa kursi pastinya. Untuk makanan, aku menggunakan catering disesuaikan dengan budget tentunya. Kenapa catering ngga masak sendiri? Supaya keluarga nggak cape masak dan nyiapin perintilan meja nya lah, piring nya lah dan lainnya, kalo catering kan udah diurusin sampe perintilan nya ya kan




2. Dekorasi
Sebenernya ini penting nggak penting sih, tapi karna moment sekali seumur hidup boleh dong ya disesuaikan dengan keinginan, hehe. Jaman sekarang sih dekorasi udah berbagai macam jenisnya ya, mulai dari menggunakan backdrop yang dihias rustic dan aesthetic atau menggunakan paper flower. Lagi-lagi ini disesuaikan dengan budget aja ya.

Aku memilih dekorasi simple dengan paper flower, karna acaranya dibuat simple dirumah aja, dekorasi nya juga yang simple aja tapi menurutku cukup bagus untuk diabadikan dalam sebuah foto dan nanti nya di upload di instagram, ehehe 






Btw, aku beli paper flower ini di shopee, nama toko nya paperflower me.id, harganya murah start from Rp 70.000,-  harga nya disesuaikan dengan jumlah paper flower dan ukuran yang kalian mau yaa. Untuk harga paperflower yang aku pesen ini harganya kisaran Rp 200.000,- . Olshop nya juga fast response, pengiriman nya cepat, harganya affordable dan hasil paper flower nya nggak mengecewakan sama sekali.



3. Outfit
Lagi-lagi demi feed instagram, hehe aku dan pasangan memutuskan untuk beli outfit batik yang warna nya senada dengan dekorasi yang sudah kami pilih. Itu alasan pertama, alasan keduanya yaa karna nggak punya baju couple buat kondangan juga, jadi biar sekalian gitu, hehe..





Outfit batik ini aku beli online juga, di shopee, nama tokonya AKT.shoop, disana banyak banget model batik couple yang menurut ku motif nya bagus-bagus dan harganya sangat terjangkau.




1 set couple batik nya sekitar Rp. 300.000 an, kalian juga bisa beli satuan, rok, atasan atau baju cowok nya doang. Batik nya sendiri memang bukan kain yang lembut, tapi buat ku nyaman dipakai nya kok, bahkan nggak luntur sama sekali ketika di cuci. Untuk harga 300 1 set couple batik, ini worth it banget sih, bayangin kalo beli kain sendiri jahit sendiri, totalnya pasti lebih dari itu.

4. Make up
Nah, karna ini moment penting, kalo kalian punya budget lebih kalian bisa pakai jasa MUA, tapi kalo kalian merasa punya keahlian dalam make up, nggak ada salah nya make up sendiri girls.

Kalau aku, modal nekat aja, nggak punya keahlian make up dan nggak pengen ngeluarin budget gede buat MUA , jadi aku make up sendiri, yaa make up ala-ala kondangan aja, karna balik lagi acara nya juga di rumah aja kok, jadi semuanya dibuat se-sederhana mungkin.



Btw, aku ga punya foto close up nya karna aku juga nggak begitu pd kalo dandan gini, jadi kira-kira hasil make up nya seperti ini deh yaa..



5. Cincin tunangan
Untuk cincin, jujur, aku dan pasangan agak bingung waktu mau beli cincin karna pengen model cincin yang agak beda yang nggak polosan gitu lho, selain itu, dikarenakan cowok nggak boleh pake emas jadi kami juga cukup sulit cari cincin yang berbahan palladium di kota kami tinggal selain itu kalau custom cincin biaya nya teramat mahal.

Kebetulan ada salah satu akun dakwah di instagram yang merekomendasikan akun yang jual perhiasan, aku iseng kepo-in instagram nya dan cukup tertarik dengan desain-desain perhiasan yang ditawarkan, yang utama sih disana ada jual perhiasan dari bahan paladium. Nama instagram nya @qaylajewellry dan akhirnya aku memutuskan untuk pesen cincin disana dengan mengukur lingkar cincin nya sendiri (btw, di IG nya juga sudah ada penjelasan cara mengukur jari nya). Sistem pemesanan nya PO yah, kalo kalian pesen silver sekitar 2 minggu, tapi kalo emas dan paladium sekitar 1 bulan.
  
Aku memilih cincin dari emas putih dan untuk pasangan ku yang bahan palladium. Range harga nya sendiri beragam tergantung berat dan karat nya yaa, untuk emas putih mulai dari Rp. 1.290.000,- sampai Rp. 3.550.000,- sedangkan palladium kisaran harga Rp. 910.000,- sampai Rp. 4.000.000,-  btw, ini harga nya pasti berubah ya dikarenakan kalo emas kan pasti naik turun tuh harga nya. Oia, harga juga berpengaruh pada model cincin yang kalian pilih yaa, misalkan nih model cincin yang kalian pilih tebal, otomatis cincin nya juga akan gede ukuran gram nya, hanya kadar emas nya bisa kalian sesuaikan (mau yang berapa karat emasnya). Di Qayla Jewellry ini juga free ukir nama pada cincin nya dan sudah dapat box cincin nya yaa.





sebenernya untuk cincin aku nggak merekomendasikan untuk beli online sih, lebih enak dicoba langsung ya, setelah menunggu 1 bulan dan cincin nya dicoba ternyata punya ku kegedean, akhirnya setelah tunangan di kecilin juga, hehe. Buat kalian yang tertarik mungkin bisa langsung dateng ke offline store nya @QaylaJewellry yang ada di Yogyakarta, Bali, Bandung, dan Jakarta, untuk info lebih lanjut kalian bisa cek di instagram nya @qaylajewellry yaa.

6. Ring Bearer
    Last, but not least, biar kekinian, aku juga beli ring bearer yang simple dari shopee, tadinya sih pengen bikin, karna terlihat mudah, tapi rasa malas ngalahin semua nya, hehe. Modelnya simple, berbentuk piring kecil dari rotan yang ditutupin dengan renda dan dihias bunga, tempat cincin nya dari kayu yang diiket sama tali rami, unik dan simple aja kelihatan nya. Ring bearer ini aku order di shopee menikahdenganku, kalian langsung cek aja ke shopee nya atau instagram nya @menikahdenganku, ring bearer nya bagus-bagus dengan harga yang affordable start from Rp. 130.000,- an. Btw, ring bearer ini PO yah, jadi kalian juga harus perhitungkan waktu pemesanan dan pengiriman sama tanggal acara nya.










Nah, 6 hal itu deh kira-kira yang mungkin harus kalian persiapkan ketika lamaran, selain 6 hal diatas, aku juga mengundang ustadz untuk memandu acara lamaran kami supaya lebih khidmat dan fotographer untuk mengabadikan moment lamaran ini pastinya, hehe. Hal-hal diatas nggak semuanya wajib sih, itu semua kembali lagi ke kalian dan pasangan, pokoknya diobrolin baik-baik dan disesuaikan dengan budget, inget, setelah lamaran kalian akan maju ke jenjang yang lebih serius yang pasti akan lebih banyak makan biaya, hehe. Btw, semua persiapan yang aku beli di shopee itu nggak di sponsori lho yaa, hehe.

Semoga postingan ini bermanfaat buat kalian yang mau lamaran sederhana dirumah aja yaa. Btw, aku tulis postingan ini, 2 minggu menjelang pernikahan ku, dikarenakan adanya Covid 19 dan nggak bisa mengadakan acara pernikahan dengan banyak tamu, akhirnya kami memutuskan untuk tetap melangsungkan akad pernikahan #dirumahaja insyaAllah semoga dilancarkan, aamiin. Nanti nya akan aku share juga di blog yaa persiapan pernikahan dirumah aja. See you on the next post~






You Might Also Like

1 komentar

thank you for visiting my blog



Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Instagram Feed

Subscribe